Sabtu, 10 Maret 2012


OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP) DI VISUAL FOXPRO PART 2



Membuat Object 


Kelas yang telah dibuat sebelumnya tidak bisa berjalan sendiri, namun harus dimasukkan ke dalam object (obyek) ketika akan digunakan. Yang harus dilakukan untuk membuat obyek adalah :

1.      Deklarasi variabel 

PUBLIC oSatker

2.      Pemanggilan kelas

oSatker=NEWOBJECT('KelasSatker','referensi.prg')

KelasSatker adalah nama kelas di define class, sedangkan referensi.prg adalah tempat kita meletakkan KelasSatker.
     
3.      Mengakses property/method dengan menyebutkan :
NAMA OBYEK + . (titik) + PROPERTY/METHOD

oSatker.p_carisatker(‘527010’)
osatker.nmsatker=’’
osatker.kddept=’’

4.  Property-property nmsatker,kddept, dan kdkppn itu otomatis menjadi variabel, sehingga di dalam file report kita tidak perlu lagi membuat variabelnya, cukup obyek+property itu kita letakkan di dalam file report maka nilainya akan muncul.




Bandingkan dengan pemprograman prosedural dimana kita mendeklarasikan variabel-variabel lagi untuk dipasang di report. Gimana kalau yang membuat aplikasi itu ada 5 orang, bisa dipastikan deklarasi variabel akan berbeda-beda untuk tiap orang yang mereka letakkan di Form/report mereka.

Kesimpulan : Dengan membuat obyek yang di dalamnya sudah kita pasang property (variabel) dan methode (procedure). Pembuat program tidak perlu lagi mendeklarasikan variabel dan membuat procedure/function  ber-ulang-ulang. sebab sudah disediakan semua di dalam class.

Untuk tulisan selanjutnya akan kita bahas tentang Inheritance atau penurunan sifat di dalam kelas..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar