OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP) DI VISUAL FOXPRO PART 2
Membuat Object
Kelas yang telah dibuat sebelumnya tidak bisa berjalan sendiri,
namun harus dimasukkan ke dalam object (obyek) ketika akan digunakan. Yang harus
dilakukan untuk membuat obyek adalah :
1.
Deklarasi
variabel
PUBLIC oSatker
2.
Pemanggilan kelas
oSatker=NEWOBJECT('KelasSatker','referensi.prg')
KelasSatker
adalah nama kelas di define class, sedangkan referensi.prg adalah tempat kita
meletakkan KelasSatker.
3.
Mengakses
property/method dengan menyebutkan :
NAMA
OBYEK + . (titik) + PROPERTY/METHOD
oSatker.p_carisatker(‘527010’)
osatker.nmsatker=’’
osatker.kddept=’’
4.
Property-property nmsatker,kddept, dan
kdkppn itu otomatis menjadi variabel, sehingga di dalam file report kita tidak
perlu lagi membuat variabelnya, cukup obyek+property itu kita letakkan di dalam
file report maka nilainya akan muncul.
Bandingkan dengan pemprograman prosedural dimana kita mendeklarasikan variabel-variabel lagi untuk dipasang di report. Gimana kalau yang membuat aplikasi itu ada 5 orang, bisa dipastikan deklarasi variabel akan berbeda-beda untuk tiap orang yang mereka letakkan di Form/report mereka.
Kesimpulan : Dengan membuat obyek yang di dalamnya sudah kita pasang property (variabel) dan methode (procedure). Pembuat program tidak perlu lagi mendeklarasikan variabel dan membuat procedure/function ber-ulang-ulang. sebab sudah disediakan semua di dalam class.
Untuk tulisan selanjutnya akan kita bahas tentang Inheritance atau penurunan sifat di dalam kelas..
Kesimpulan : Dengan membuat obyek yang di dalamnya sudah kita pasang property (variabel) dan methode (procedure). Pembuat program tidak perlu lagi mendeklarasikan variabel dan membuat procedure/function ber-ulang-ulang. sebab sudah disediakan semua di dalam class.
Untuk tulisan selanjutnya akan kita bahas tentang Inheritance atau penurunan sifat di dalam kelas..

Tidak ada komentar:
Posting Komentar