OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP) DI VISUAL FOXPRO PART 3
INHERITANCE (PEWARISAN)
Salah
satu kehebatan terbesar OOP adalah inheritance
atau pewarisan dimana suatu kelas bisa
mewarisi seluruh property dan method kelas-kelas diatasnya, sehingga dalam
membuat kelas baru kita tidak perlu mendefinisikan ulang propery dan method
nya. Contoh :
DEFINE CLASS KelasTambah AS Custom
nilai1=0
nilai2=0
hasil=0
PROCEDURE tambah()
this.hasil=this.nilai1+this.nilai2
ENDPROC
ENDDEFINE
DEFINE CLASS KelasKurang AS
KelasTambah
PROCEDURE kurang()
this.hasil=this.nilai1-this.nilai2
ENDPROC
ENDDEFINE
KelasKurang adalah anak (sub class), sedangkan
KelasTambah adalah bapaknya (super class). Sintax nya adalah penggunaan AS +
KELAS BAPAK di dalam define class. Maka ketika menjadi obyek,
KelasKurang akan memiliki property nilai1,nilai2 dan hasil dan juga memiliki
procedure tambah(), sehingga kita tidak perlu mendefinisikan ulang property dan
method nya. Cara pemanggilannya adalah
- Kita buat obyek dengan nama Okurang
- Panggil Kelas Kurang dan dimasukkan ke obyek Okurang
oKurang=NEWOBJECT('KelasKurang','referensi.prg')
okurang.nilai1=10
okurang.nilai2=7
okurang.tambah()
okurang.kurang()
MESSAGEBOX(okurang.hasil)
Nilai property Okurang.hasil akan didapatkan dengan pemanggilan tambah() ataupun kurang(). Lihatlah di dalam kelas Kurang kita hanya membuat methode baru kurang() saja, namun obyek yang dibuat berdasarkan kelas ini akan memiliki property nilai1,nilai2 dan hasil dan methode tambah().
Gimana enak kan? jadi kita tidak perlu repot-repot deklarasi variabel dan procedure/function baru lagi.
Kesimpulan : Dengan konsep inheritance ini kita hanya perlu mendeklarasikan property dan methode baru saja yang belum ada di kelas induknya, sehingga akan lebih cepat dalam membuat program.
Gimana enak kan? jadi kita tidak perlu repot-repot deklarasi variabel dan procedure/function baru lagi.
Kesimpulan : Dengan konsep inheritance ini kita hanya perlu mendeklarasikan property dan methode baru saja yang belum ada di kelas induknya, sehingga akan lebih cepat dalam membuat program.
I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar