Sabtu, 10 Maret 2012


OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP) DI VISUAL FOXPRO PART 3



INHERITANCE (PEWARISAN)

      Salah satu kehebatan terbesar OOP adalah inheritance atau pewarisan dimana suatu kelas  bisa mewarisi seluruh property dan method kelas-kelas diatasnya, sehingga dalam membuat kelas baru kita tidak perlu mendefinisikan ulang propery dan method nya. Contoh :

DEFINE CLASS KelasTambah AS Custom
      nilai1=0
      nilai2=0
      hasil=0
     
      PROCEDURE tambah()
            this.hasil=this.nilai1+this.nilai2
      ENDPROC
ENDDEFINE

DEFINE CLASS KelasKurang AS KelasTambah
     
      PROCEDURE kurang()
            this.hasil=this.nilai1-this.nilai2
      ENDPROC
     
ENDDEFINE

KelasKurang adalah anak (sub class), sedangkan KelasTambah adalah bapaknya (super class). Sintax nya adalah penggunaan AS + KELAS BAPAK di dalam define class. Maka ketika menjadi obyek, KelasKurang akan memiliki property nilai1,nilai2 dan hasil dan juga memiliki procedure tambah(), sehingga kita tidak perlu mendefinisikan ulang property dan method nya. Cara pemanggilannya adalah 

  1. Kita buat obyek dengan nama Okurang
  2. Panggil Kelas Kurang dan dimasukkan ke obyek Okurang

oKurang=NEWOBJECT('KelasKurang','referensi.prg')
okurang.nilai1=10
okurang.nilai2=7
okurang.tambah()
okurang.kurang()

MESSAGEBOX(okurang.hasil)

Nilai property Okurang.hasil akan didapatkan dengan pemanggilan tambah() ataupun kurang(). Lihatlah di dalam kelas Kurang kita hanya membuat methode baru kurang() saja, namun obyek yang dibuat berdasarkan kelas ini akan memiliki property nilai1,nilai2 dan hasil dan methode tambah().




Gimana enak kan? jadi kita tidak perlu repot-repot deklarasi variabel dan procedure/function baru lagi.


Kesimpulan : Dengan konsep inheritance ini kita hanya perlu mendeklarasikan property dan methode baru saja yang belum ada di kelas induknya, sehingga akan lebih cepat dalam membuat program.












I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar